Batik Gedok

Senin, 07 Januari 20130 komentar


Batik Gedok

Batik Gedok merupakan batik tradisional khas Tuban. Semua proses terjadinya batik masih dengan cara-cara tradisional, mulai dari penanaman kapas, pembuatan/pemintalan benang, penenunan, sampai pada akhirnya proses pembatikan.
Para perajin tenun gedog yang kebanyakan ibu-ibu muda dan setengah baya mengerjakan kain tenun gedog dengan mempergunakan alat tradisional, yang masih tetap diminati oleh konsumen karena motif-motif dan tekstur kain.
Salah satu sentra pengrajin batin ada di Desa Jarorejo, Kecamatan Kerek, yang berjarak sekitar 25 kilometer dari Tuban. Para perajin di desa Jarorejo ini mulai meningkat pamornya, setelah di daerah itu menjadi lokasi beroperasinya pabrik Semen Gresik.
Sepanjang jalan utama di Desa Jarorejo, nampak kesibukan para perajin tenun Gedog, mulai dari memintal benang, memberi warna benang, menenun sampai menjemur kain-kain batik di halaman rumah para perajin. Warna coklat kayu sangat dominan dalam disain kain tenun gedog. Motif yang menghiasi kain tenun gedog ini mencerminkan kekayaan alam sekitar Tuban, mulai dari berbagai jenis ikan maupun tanaman.
Perajin yang memiliki modal cukup, selain memproduksi, juga menampung hasil karya sesama perajin, sekaligus membuka toko dengan memanfaatkan ruang tamu.
Motif khas batik adalah gambar seekor burung Lacanang berhias bunga yang konon di bawa oleh prajurit Tar-Tar yang mendarat di pantai Tuban di zaman majapahit.
Bagi Anda yang ingin mendapatkan oleh-oleh batik ini sangatlah mudah, karena sudah banyak di jajakan di toko-toko yang menjual pakaian yang ada di Kota Tuban.
Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Informasi Tuban Jawa Timur - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger